Fiqh Syafi'i Matan Abi Syuja

Kewajiban Kepada Mayit

Fatwa Ibnul Qoyyim Al Jauziyah

Do'a orang yang sedang marah

Fiqh Syafi'i Matan Abi Syuja

Shalat khauf dan Larangan Memakai Perhiasan Emas dan Sutera bagi laki-laki

Saturday, June 20, 2015

Fiqh Syafi'i Matan Abi Syuja Kitab Thaharah ( Pemakaian Bejana dan Siwak )


Isti'maalu al awaanii.
Wa laa yajuuzu isti'maalu awaanii adz dzahabi wa al fidhoti wa yajuuzu ista'maalu ghayruhuma min al awaanii.

As siwaaku.
Wa as siwaaku mustahabu fii kulli haalin illa ba'da az zawaali lishoo-imi wa huwa fii tsalaatsati mawaadhi'u asyaddu istihbaaban : 'inda taghyyuri al faami min azmin wa ghayrihi wa 'inda al qiyaami min an nauwmi wa al qiyaamu ilaa ash sholaati.

Terjemahannya :

Pemakaian bejana.
Dan tidak diperbolehkan memakai bejana-bejaa dari emas dan perak dan diperbolehkan memakai bejana selain dari kedua bahan tsb (emas dan perak ).

Bersiwak
Dan bersiwak adalah sunnah mustahab di setiap keadaan kecuali setelah tergelincirnya  matahari bagi orang yang berpuasa dan ada 3 tempat yang sangat disunnahkan untuk bersiwak ini yaitu :
- Ketika bau mulut yang disebabkan diam ( tidak makan / minum ) dan selainnya
- Dan ketika bangun dari tidur
- Dan ketika akan melaksanakan shalat

Catatan :

Dalil dari fasal larangan menggunakan bejana emas dan perak ini adalah dari hadits Shahih Bukhori no 5110 dan Shahih Muslim no 2067.

Dari Hudzaifah bin Yaman : Aku mendengar rosulullaah berkata : " Janganlah kalian memakai pakaian sutra dan sejenis sutra dan janganah kalian minum dari bejana-bejana yang terbuat dari emas dan perak, dan janganlah makan dari piring-piring emas dan perak, karena sesungguhnya barang-barang emas dan perak tsb untuk (orang kafir) di dunia dan untuk kita di akhirat".

Dalil dari fasal siwak adalah dari riwayat Nasa'i, Bukhori no 1790 dan Muslim 1101.

Riwayat Bukhori no hadits 1790 dan Shahih Muslim no 1101 dari Abu Hurayrah : "Sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih baik ( harum ) disisi Allah daripada harumnya minyak misk"

Riwayat Nasa'i dari 'Asiyah, nabi berkata : " Siwak mensucikan mulut dan membuat ridha Tuhan".


Fiqh Syafi'i Matan Abi Syuja Kitab Thaharah ( Menyucikan Dengan Disamak )


Kita lanjutkan kembali kajian mengenai fiqh syafi'i kitab At Taqrib atau yang lebih dikenal dengan Matan Abi Syuja masih pada pembahasa thaharah pada fasal mensucikan dengan cara menyamak.

Maa yath-huru bi addibaaghi, wa juluudu al mayyitati tath-huru bi addibaaghi illa juludu al kalbi wa al hinziiri wa maa tawwalada minhumaa aw min ahadihimaa wa 'azhmu  al mayyitati wa sya' ruhaa najisun illa al aadamii.

Terjemahannya :

Apa - apa yang disucikan dengan cara disamak. Dan kulit bangkai binatang disucikan dengan cara disamak kecuali (bangkai ) anjing dan babi, dan segala sesuatu yang bersumber dari keduanya (anjing & babi) atau salah satu dari keduanya. Dan tulang bangkai dan bulunya adalah najis terkecuali mayit manusia.

Catatan :

Ketika bicara mengenai dalil dari ad dibaaghi (menyamak kulit ) maka si penulis kitab syarah Matan Abi Syuja ini menuliskan beberapa dalil dan salah satunya adalah dari dari Shahih Muslim no hadits 366 dari riwayat Ibnu 'Abbas.


Terjemahannya : Dari Abdullah bin 'Abbas berkata : Aku telah mendengar dari rosulullaah yang berkata : "Jika kulit binatang telah disamak, maka telah sucilah kulit binatang tsb"

Dan semua kulit yang bisa disamak dan menjadi suci tsb adalah berasal dari semua binatang kecuali anjing dan babi atau 'produk' turunan dari keduanya atau salah satunya. 




Saturday, April 18, 2015

SUMBER AQIDAH ISLAM


Sumber aqidah islam adalah Qur'an dan Sunnah. Apa saja yang disampaikan oleh Allah SWT dalam qur'an oleh rosulullaah SAW, dalam sunnahnya wajib di imani ( diyakini dan diamalkan) . Dalam hadits disebutkan :

"telah aku tinggalkan untuk kalian dua perkara, jika kalian berpegang teguh dengan keduanya kalian tidak akan tersesat selamanya, yaitu Kitabullaah dan sunnah rasul-Nya".

Akal pikiran tidaklah menjadi sumber aqidah, tetapi hanya berfungsi memahami nash -nash yang terdapat dalam kedua sumber tersebut dan mencoba (kalau diperlukan) membuktikan secara ilmiah kebenaran yang disampaikan oleh qur'an dan sunnah. Dan pembuktian ini haruslah didasari oleh suatu kesadaran bahwa kemampuan akal sangat terbatas, sesuai dengan terbatasnya kemampuan makhluk Allah. Akal tidak akan mampu menjangkau masalah-masalah ghaib, bahkan tidak akan mampu menjangkau sesuatu yang tidak terikat dengan ruang dan waktu. Oleh sebab itu akal tidak boleh dipaksa memahami hal-hal ghaib tersebut dan menjawab pertanyaan segala sesuatu tentang hal - hal ghaib itu.

Catatan penting :

1. Apa yang didapatkan dengan indera, diyakini adanya kecuali bila akal mengatakan "tidak" berdasarkan pengalaman masa lalu.

2. Keyakinan, disamping diperoleh dengan menyaksikan langsung, juga bisa melalui berita yang diyakini kejujuran si pembawa berita.

3. Kita tidak berhak memungkiri wujud sesuatu hanya karena kita tidak bisa menjangkau dengan indera.

4. Seseorang hanya bisa meng-khayal atas segala sesuatu yang telah di inderanya.

5. Akal hanya bisa menjangkau dengan hal-hal yang terikat dengan ruang dan waktu.

Quran
Adalah kitab Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad yang bilamana kita membacanya akan mendapatkan pahala kebaikan.

# Kaidah - kaidah yang mesti dipahami oleh muslim didalam memahami qur'an sebagai sumber utama aqidah islam :
1. Merujuk dalam menafsirkan kepada al quran itu sendiri sebab diantara fungsi al quran adalah menjelaskan dan merincikan sesuatu yang global.
2. Meluaskan makna-makna ayat quran yang singkat
3. Mengkhususkan makna ayat-ayat qur'an yang umum.

# Jika tidak menemukan tafsir qur'an didalam qur'an maka harus merujuk kepada penjelasan sunnah rasul, karena yang namanya sunnah rasul kedudukannya adalah sebagai penjelas dari qur'an

# Ketika tidak bisa menemukan penjelasan tafsir qur'an dengan sunnah rasul, maka selanjutnya harus merujuk kepada tafsir para sahabat rosul, mengingat mereka adalah orang yang paling cakap dalam tafsir qur'an disamping itu pula para sahabat adalah orang yang selalu hadir ketika wahyu itu turun atas rosulullah, dan ditengah-tengah merekalah wahyu itu turun ketika mereka menanyakan sesuatu masalah kepada rosul.

#  Jika tidak bisa menemukan tafsir qur'an pada penjelasan sahabat maka harus merujuk pada tafsir tabi'in dan tabi'it tabi'in. Imam Hakim mengatakan bahwa tafsir para tabi'in ini adalah sama kedudukannya seperti hadits marfu'.

# Dilarang dalam menafsirkan qur'an berdasar rasio semata, karena bisa lebih condong kepada hawa nafsu dan menafsirkan qur'an kepada yang di inginkan oleh si penafsir.

# Tidak boleh membawa penafsiran qur'an menurut madzhab tertentu yaitu seorang mufasir telah membangun sebuah keyakinan tertentu kemudian menyitir ayat qur'an untuk membenarkan keinginannya. Yang semestinya dan wajib dilakukan adalah menjadikan qur'an sebagai imam dan keyakinannya sebagai makmum.

Sunnah
Merupakan wahyu kedua setelah qur'an yang berarti segala ucapan, perbuatan, persetujuan atau sifat baik berupa fisik ataupun psikis yang disandarkan kepada rosul.

As sunnah berfungsi didalam menjelaskan  qur'an, tafsir qur'an, penyingkap rahasia qur'an, dan sebagai mutiara - mutiara hukum al qur'an.

As sunnah sebagai penjelas bagi ke-globalan al qur'an dan sebagai penjelas bagi ayat-ayat qur'an yang sulit dipahami dan sunnah juga sebagai sebaik-baiknya ucapan setelah qur'an.

Saturday, April 11, 2015

Fiqh Syafi'i Matan Abi Syuja Kitab Thaharah ( Macam - Macam Air )


Jakarta, 11 April 2015

Pada kesempatan kali ini saya akan coba tulis postingan yang membahas fiqh didalam madzhab syafi'i, yang diambil dari kitab Matan Al Ghayah Wa Taqrib karangan Al Qodhi Ahmad bin Husain Al Asfahan atau yang terkenal sebagai Matan Abi Syuja. Kitab ini banyak di syarah oleh beberapa ulama sebagai contoh kitab yang men-syarah / menjelaskan kitab ini adalah Kifayatul Akhyar, Al Iqna, Fathul Qorib dan ada satu kitab kontemporer syarah dari Matan Abi Syuja ini yaitu At Tahdzib karangan Dr Mustafa Dieb Al Bugho.

Semoga bermanfaat dan inshaa Allah mohon do'anya semoga diberi kemudahan didalam menulis semua kitab dan fasal di Matan Abu Syuja tsb.

Al miyaahu allatiy yajuuzu bihaa tathhiru sab'u miyaah : maa-u assamaa-i wa maa-u al bahri wa maa-u an nahri wa maa-u al bi'ri wa maa-u al 'ayni wa maa-u al barad.

Tsumma al miyaahu 'alaa arba'ati aqsaam : thaahirun muthahhirun ghayru makruuh wa huwa al maa-u muthlaq, thahhirun muthohhirun makruuh wa huwa al maa-u al musyammas, wa thaahirun ghayru muthohhir wa huwa al maa-u al musta'mal wa al mutaghayyiru bimaa khoolathahu mina thaahiraati wa maa- un najisun wa huwa alladziy hallat fiihi najaasatun wa huwa duuna al qullatayni, aw kaana qullatayni fa-aksara fataghayyara, wal qalataani khamsaa-atun rithlin baghdaadiy taqriiban fii al ashahhi.

Terjemahannya :

Macam - macam air yang boleh digunakan untuk bersuci ada tujuh macam :

1. Air hujan
2. Air laut
3. Air sungai 
4. Air sumur
5. Air mata air
6. Air salju
7. Air embun

Kemudian macam-macam air tersebut dibagi 4 bagian : 

1. Air suci mensucikan dan tidak makruh, air ini disebut air mutlak
2. Air suci mensucikan tetapi makruh dipakai, air ini disebut air musyamas yaitu air yang terkena panas matahari
3. Air suci tapi tidak mensucikan, air ini disebut air musta'mal dan air yang sudah berubah (warna, bau dan rasanya) disebabka barang suci yang mencampurinya.
4. Air najis adalah air yang kurang dari 2 qullah yang terkena najis atau air 2 qullah lebih kemudian berubah (karena najis itu ). Dua qullah adalah kira-kira 500 kati baghdad, menurut pendapat yang shahih.



Thursday, February 5, 2015

MUQODIMAH AQIDAH ISLAM



I. DEFINISI AQIDAH

- Secara etimologis ( bahasa ) aqidah adalah :

1. الربط , simpul atau ikatan
2. العهد , sumpah atau perjanjian
3. الجزم, kehendak yang kuat

- Secara terminologis ( istilah ) :

1. Aqidah adalah hal - hal yang diyakini kebenarannya oleh jiwa, mendatangkan ketentraman hati, menjadi keyakinan yang kokoh yang tidak bercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.

2. Aqidah adalah sejumlah persoalan ( kebenaran) yang dapat diterima secara umum ( axioma ) oleh manusia berdasarkan akal, wahyu dan fitrah. Kebenaran itu dipatrikan didalam hati serta diyakini keshahihannya dan keberadaannya dan ditolak segala sesuatu yang bertententangan dengan kebenaran itu.

Catatan :

1. Axioma (badihiyah) adalah segala sesuatu yang kebenarannya perlu dalil pembuktian, tetapi karena sudah sangat umum dan mendarah daging maka kebenaran itu tidak lagi diperlukan.

2. Setiap manusia memiliki fitrah untuk mengakui kebenaran ( bertuhan ), indra untuk mencari kebenaran, akal untuk menguji kebenaran dan memerlukan wahyu untuk menjadi pedoman menentukan mana yang benar dan mana yang salah.

3. Aqidah merupakan keyakinan yang tidak bercampur sedikitpun dengan keraguan.
"sesungguhnya orang-orang beriman adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya kemudian tidak ada sekalipun keraguan dalam keimanan tersebut..........." (QS Al Hujurat 15)


4. Aqidah mendatangkan ketentraman jiwa. 
"orang - orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah, ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram" (QS Ar Ra'd 28 )

5. Bila seseorang sudah meyakini suatu kebenaran, dia harus menolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu.

6. Tingkat keyakinan (aqidah) seseorang sangat tergantung kepada tingkat pemahaman terhadap dalil atau bukti yang dia peroleh.


Wednesday, February 4, 2015

GRAND SYAIKH AL AZHAR MENGAJAK UNTUK MEMERANGI ISIS


Syaikhul Azhar, Ahmad Thayyib menyatakan kecamannya atas tindakan yang dilakukan oleh ISIS dalam video rilisannya yang menampakan hukuman pembarakan hidup-hidup terhadap salah seorang tawanan tentara berkebangsaan Yordania.

Syaikh Ahmad Al Thayib mengatakan bahwa perbuatan tersebut adalah perbuatan keji dan meminta masyarakat internasional untuk membantu bersama-sama memerangi ISIS.

Sementara itu Dr. Mohiudin Afifi selaku Sekertaris Jenderal Penelitian Islam mengatakan bahwa tindakan pembakaran hidup-hidup yang dilakukan oleh ISIS terhadap tawanan adalah sesuatu yang menyalahi Qur'an dan Sunnah sebab tidak diketemukan salah satu cara-cara hukuman mati didalamnya dengan cara dibakar hidup-hidup.

Sumber : alarabiya.net

FOTO - FOTO ISIS MEMBAKAR HIDUP-HIDUP TENTARA YORDANIA





 


Pada tanggal 4 Februari 2015 ISIS merilis video yang berisi eksekusi mati dengan cara di bakar hidup - hidup kepada salah seorang pilot tentara Yordania  yang bernama Moas Al Kasasbeh. ISIS menangkap Moas pada tanggal 24 Desember 2014.

Didalam rilisan video tersebut, ditampakan Moas yang ditempatkan disebuah tempat kerangka besi dengan memakai baju orange kemudian berdiri di sekitar kerangka tsb beberapa orang tentara ISIS dan salah seorang diantaranya membawa obor.

Sumber : alarabiya.net



Sunday, February 1, 2015

FOTO-FOTO PEMAKAMAN TERAKHIR RAJA ARAB SAUD ABDULLAH BIN ABDULAZISI YANG SEDERHANA







ISIS MEMENGGAL TAWANAN KEDUA WARTAWAN JEPANG


Minggu, 1 Februari 2015

Pemerintah Jepang mengatakan pada hari Minggu ini bahwa video yang menampilkan pemenggalan kepala yang dilakukan ISIS kepada kedua tawanan warga Jepang yang berprofesi sebagai wartawa adalah asli. Juru bicara pemerintahan Jepang, Yushihide Suga mengatakan, "Setelah penyelidikan yang intensif, maka sangat mungkin bahwa tawanan yang dimaksud adalah benar warga Jepang".

Ketika Suga ditanya apakah gambar orang yang ada di video tersebut adalah wartawan Jepang yaitu Kenji Goto, Suga menjawab, "Kami pikir begitu".

Sebelumnya juga masih pada hari yang sama, presiden Amerika Serikat Baarack Obama mengutuk pembunuhan keji yang dilakukan ISIS terhadap warga Jepang yang berprofesi sebagai wartawan.

Pekan lalu Kenji Goto dan Haruna Yukawa muncul dalam sebuah video yang mana pihak ISIS menuntut sejumlah uang untuk pembebasan kedua wartawan Jepang tersebut sebesar 200 juta dollar dengan diberi waktu 72 jam.

Sampai pada batas waktu yang ditentukan tidak dipenuhi maka munculan video yang kedua yaitu Haruna Yukawa yang sudah dipenggal.

Sumber : alarabiya.net

Saturday, January 31, 2015

PENGADILAN MESIR MEMUTUSKAN HAMAS SEBAGAI ORGANISASI TERORIS


Mesir, 31 Januari 2015

Pengadilan Mesir akhirnya memutuskan bahwa HAMAS sebagai sayap kanan Ikhwanul Muslimin sebagai organisasi teroris. Pernyataan tersebut muncul pada hari ini setelah sebelumnya pada tahun 2013 menyatakan Ikhwanul Muslimin sebagai organisasi teroris.

Ikhwanul Muslimin secara sistematis telah ditekan yang mana sebelumnya mantan presiden Muhammad Mursi di gulingkan dari posisinya pada tahun 2013.

Sumber : alarabiya.net