Sunday, June 9, 2019

Fatwa Syaikh Utsaimin Mengenai Diharamkan Puasa Sunnah 6 Hari Syawal Sebelum Puasa Qodho


حكم صيام الست من شوال قبل القضاء 
Hukum puasa sunnah 6 hari di bulan syawal sebelum melakukan puasa qodho ramadhan ( bagi yg batal puasa ramadhan ).

️السؤال:
Pertanyaan :

نقل عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت: [كان يكون علي الصوم من رمضان فما أستطيع أن أقضيه إلا في شعبان لمكان رسول الله صلى الله عليه وسلم مني] فهل يفهم من ذلك أنها كانت لا تصوم الست، أو هناك توجيه؟

Diriwayatkan dari 'Aisyah radhiyallaahu 'anha bahwasanya dia telah berkata : " Biasanya saya mempunyai ( utang ) puasa ramadhan, namun saya tidak mampu membayar ( utang ) puasa ramadhan itu terkecuali pada bulan sya' ban disebabkan kedudukan rosulullaah shallallah 'alayhi wa sallam ". Lantas bagaimana memahami dari kejadian tersebut,  apakah A'isyah tidak melakukan puasa sunnah 6 hari di bulan syawal ataukah ada petunjuk lain dalam hal ini ?.

️جواب الشيخ العثيمين رحمه الله: 
Jawaban syaikh Utsaimin rahimahullaahu.

صوم الست هذا أمر لا إشكال فيه، لا يمكن أن تكون مشروعة إلا إذا أتم الإنسان رمضان، والحديث: «من صام رمضان ثم أتبعه ستاً من شوال» وقوله: (ثم أتبعه) يقتضي أن يكون رمضان قد تم. فكما أن الإنسان لا يصح منه راتبة الظهر البعدية قبلها كذلك أيضاً أيام الست؛ لأن أيام الست بمنزلة الراتبة بعد الفريضة فلا يصح.لكن قل لي: هل يدل على أنها لا تصوم يوم عرفة أو يوم عاشوراء أو أيام البيض؟ لا ندري، الله أعلم، قد تصومها وقد لا تصومها، إن صامتها فليس بغريب؛ لأن القضاء وقته موسع والنفل قبل الفرض موسع جائز، وإن لم تصمها فهو -أيضاً- ليس بغريب على فقهها؛ لأن الفقه يقتضي أن يبدأ الإنسان بالواجب قبل التطوع، وقد قال أبوها أبو بكر رضي الله عنه: [إن الله لا يقبل نافلة حتى تؤدى الفريضة]. 

Puasa sunnah 6 hari ( pada bulan syawal ) adalah perintah yang tidak ada kejanggalan didalamnya. Tidak mungkin menjadikannya sesuatu yg disyari'atkan kecuali telah menyempurnakan puasa seorang muslim di bulan ramadhan.

Dalam sebuah hadits : " barangsiapa yg melakukan puasa ramadhan kemudian mengikuti puasa ramadhan tsb dng puasa sunnah 6 hari pada bulan syawal.......", dan perkataan nabi adalah (tsuma attabi'uhu / kemudian mengikutinya ) adalah menghendaki bahwa puasa ramadhan telah dipenuhi terlebih dahulu.

Sama seperti seorang muslim tidak diperbolehkan dirinya melakukan suatu perbuatan setelahnya, sebelum perbuatan di awalnya terpenuhi. Sama juga hal nya dng puasa 6 hari ( pada bulan syawal ). Sebab 6 hari  pada bulan syawal sesudah bulan ramadhan. Namun menurut pendapatku begini ( syaikh Utsaimin ) : 

Apakah berarti dirinya 'Aisyah tidak puasa pada hari arofah ? Atau puasa asyuro ? Atau puasa ayyamul bidh ? 

Maka jawabannya kita tidak tahu, dan hanya Allah yg tahu.

Mau dia berpuasa atau mau tidak berpuasa maka tidak ada yg aneh dalam hal ini. Sebab yg namanya qodho puasa itu waktunya panjang dan ibadah nafilah ( tambahan seperti puasa sunnah ) sebelum melakukan yg wajib yg waktunya panjang maka hal itu diperbolehkan.

Dan jika 'Aisyah tidak berpuasa 6 hari pada bulan syawal maka itu tidak ada yg aneh dalam memahaminya. Sebab pemahamannya menghendaki seorang muslim untuk  mendahulukan sesuatu yg wajib sebelum tathowu ( sunah ).

Dan sungguh ayahnya 'Aisyah yaitu Abu Bakr radhiyallaahu 'anhu telah berkata "sesungguhnya Allah tidak menerima ibadah nafilah ( tambahan ) sebelum ibadah wajib dipenuhi terlebih dahulu".

فعلى كل حال: صيامها النفل قبل القضاء أمر محتمل. لكن صيام الست قبل القضاء أمر مقطوع به بأنها لم تصمها؛ لأن عائشة رضي الله عنها أفقه منا ونحن نفقه من هذا الحديث الذي قاله الرسول صلى الله عليه وسلم أن الست تابعة لرمضان، فلا يمكن أن تصام قبل إتمامه. 
قد يقول قائل: أليس الرسول يصوم في أيام البيض أو يصوم ثلاثة أيام من كل شهر أو يصوم يوم الإثنين والخميس، لماذا لم تصم معه؟ فيقال: ألا يمكن أن يكون وقت صوم الرسول عليه الصلاة والسلام حائضاً؟ يمكن، ولهذه الأمور المحتملة لا تكون دليلاً.


 سلسلة لقاءات الباب المفتوح:  لقاء الباب المفتوح [150]

Dalam keadaan apapun, berpuasa nafila ( puasa sunah tambahan ) seorang 'Aisyah sebelum melakukan qadha itu bisa dimungkinkan terjadi. Akan tetapi berpuasa 6 hari  sebelum melakukan qodho ini adalah perbuatan yg cacat oleh karena itulah 'Aisyah tidak melakukan puasa 6 hari. Sebab 'Aisyah lebih paham dari kita dan kita hanya memahami dari hadits rosulullaah bahwa puasa 6 hari mengikuti setelah puasa ramadhan, maka tidaklah mungkin melaksanakan puasa 6 hari bulan syawal sebelum menyempurnakan puasa ramadhan.

Telah berkata seseorang : apakah rosulullaah berpuasa ayyamul bidh ? Atau berpuasa 3 hari setiap bulannya ? Ataukah berpuasa senin kamis ?

Kenapa 'Aisyah tidak ikut berpuasa bersama beliau rosulullaah ? Maka aku (syaikh Utsaimin ) katakan kepada orang yg bertanya itu: Tidaklah mungkin 'Aisyah berpuasa oleh sebab dia sedang haidh saat rosulullaah berpuasa, dan mungkin ini bisa saja terjadi. Akan tetapi jawaban yg seperti ini tidaklah bisa menjadi dalil.

Diambil dari Liqoatul Baabul Maftuh halaman 150.

0 comments:

Post a Comment