Sunday, August 10, 2014

FIDEL CASTRO MENANDATANGANI MANIFESTO PRO PALESTINA

Havana, alarabiya.net

Mantan Presiden Kuba Fidel Castro telah menandatangani manifesto internasional "mendukung Palestina," menuntut Israel menghormati resolusi PBB dan menarik diri dari Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Castro, yang akan memasuki usia 88 tahun minggu depan, ditambahkan tanda tangan kepada orang-orang intelektual dan politisi untuk dokumen "Dalam Pertahanan Palestina," kata surat kabar resmi Granma Sabtu.

Presiden Bolivia Evo Morales, artis Argentina dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Adolfo Perez Esquivel, penari Kuba Alicia Alonso dan penulis Amerika Alice Walker juga di antara para penandatangan.

Manifesto ini dipromosikan oleh Jaringan Pertahanan Kemanusiaan, yang meliputi beberapa negara Amerika Latin.

Ini meminta pemerintah di seluruh dunia untuk menuntut Israel menghormati Dewan Keamanan PBB Resolusi 242, yang diadopsi pada masa setelah Perang Enam Hari tahun 1967.

Ini panggilan bagi Israel untuk menarik diri dari wilayah yang diperoleh selama konflik.

Dalam beberapa pekan terakhir, Amerika Latin telah berada di garis depan mengecam serangan Israel di wilayah pusat keramaian Palestina, menawarkan dukungan hampir bulat untuk Palestina.

Castro sendiri telah menuduh Israel terlibat dalam "bentuk baru fasisme" melalui operasi militer yang mematikan.

Konflik Israel - Gaza ini telah menewaskan sedikitnya 1.913 warga Palestina dan 67 orang di pihak Israel, hampir semua tentara, sejak 8 Juli.

Kritik keras juga datang dari Presiden Brasil Dilma Rousseff dan Venezuela Nicolas Maduro.

Brazil, Chili, Ekuador, Peru dan El Salvador juga menarik duta besar mereka dari  Israel , sementara Bolivia, di mana ribuan orang memprotes Jumat untuk mengecam konflik, menempatkan Israel pada daftar "negara teroris."
 

0 comments:

Post a Comment