Friday, September 5, 2014

AL QAEDA MELEBARKAN SAYAP KE NEGARA ASIA, PEMERINTAH INDIA SIAP SIAGA


New Delhi, aawsat.com

India menempatkan beberapa provinsi dalam siaga tinggi pada hari Kamis setelah Al-Qaeda mengumumkan pembentukan sayap kelompok militan di India dan tetangganya, kata seorang pejabat senior pemerintah.

Dalam video yang diposting secara online, kepala Al-Qaeda Ayman Al Zawahiri-berjanji untuk menyebarkan hukum Islam dan "menaikkan bendera jihad" di "benua India."

New Delhi menganggap pesan sebagai otentik dan telah memperingatkan pemerintah daerah, kata seorang pejabat yang menghadiri briefing keamanan di mana ia dibicarakan dengan Menteri Dalam Negeri Rajnath Singh, yang bertanggung jawab untuk kepolisian dan keamanan dalam negeri.

"Hal ini telah dilakukan dengan sangat serius," kata pejabat itu kepada Reuters. "Sebuah peringatan telah berbunyi."

Pasukan keamanan India biasanya pada keadaan siaga untuk serangan oleh militan Islam dalam negeri dan oleh kelompok-kelompok anti-India yang berbasis di Pakistan. Saat ini masih belum jelas apa langkah-langkah tambahan yang diambil.

Sampai saat ini belum ada bukti bahwa Al-Qaeda, kelompok yang bertanggung jawab atas serangan 11 September 2001 serangan pesawat di New York World Trade Center, telah hadir di India.

Waktu dan konten video menunjukkan persaingan antara Al-Qaeda dan saingan yang lebih kuat yang Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), yang ada indikasi adalah mengumpulkan dukungan di Asia Selatan.

Menurut laporan media, ISIS pamflet telah dibagikan di Pakistan dalam beberapa hari terakhir.

"Al-Qaeda telah melihat kewenangannya terkikis oleh fakta bahwa ia tidak lagi mampu secara mandiri melakukan serangan besar-besaran di mana saja di dunia, dan dengan munculnya faksi yang bertikai," Omar Hamid, kepala analisis Asia pada penelitian keamanan perusahaan IHS Country Risk, menulis dalam sebuah laporan.

Pembentukan Al-Qaeda cabang lokal berusaha untuk mengambil keuntungan dari penarikan yang direncanakan dari pasukan pimpinan AS dari Afghanistan, yang dapat menyebabkan masuknya pertempuran-keras militan ke India, Hamid menambahkan.

Pengumuman Zawahri dibuat dua referensi ke Gujarat, negara bagian asal Perdana Menteri baru India Narendra Modi, seorang nasionalis Hindu.

Modi telah lama menjadi tokoh membenci kelompok-kelompok Islam karena dari kerusuhan agama pada jam sebagai menteri negara dalam tahun 2002 Lebih dari 1.000 orang, terutama umat Islam, tewas dalam ajang kekerasan.

"Sebagai akibat video Al-Qaeda ini, kita akan berada pada siaga tinggi. Kami akan bekerja sama dengan pemerintah pusat untuk mengatasi ancaman yang ditimbulkan kepada negara, "SK Nanda, birokrat paling senior di departemen rumah Gujarat, kepada Reuters. Sebuah peringatan keamanan yang tinggi di negara bagian melibatkan mengaktifkan jaringan informan di daerah sensitif.

Seorang pejabat polisi senior mengatakan bahwa Gujarat telah tinggi pada daftar organisasi militan, termasuk Al-Qaeda, sejak 2002 kerusuhan.

"Ini akan lebih jadi sekarang karena Narendra Modi adalah perdana menteri," kata pejabat itu, yang meminta anonimitas.

Zawahri menggambarkan pembentukan "Al-Qaeda di benua India" kabar gembira bagi umat Islam "di Burma, Bangladesh, Assam, Gujarat, Ahmedabad, dan Kashmir" dan mengatakan sayap baru akan menyelamatkan umat Islam di sana dari ketidakadilan dan penindasan.

Ahmedabad adalah kota utama di negara bagian Gujarat, yang berbatasan dengan India rival, Pakistan.

Assam adalah sebuah negara di India yang sangat luas timur laut di mana ketegangan agama yang tinggi setelah pembantaian Muslim oleh populasi suku dalam dua tahun terakhir. Seorang perwira intelijen senior di negara bagian mengatakan pasukan keamanan di sana yang "siap" untuk menghadapi ancaman apapun.
 
Warga muslim India merupakan 15 persen dari populasi India namun,  diperkirakan 175 juta, mereka adalah terbesar ketiga populasi Muslim di dunia.

Ketegangan antara Hindu dan Muslim di benua itu telah tumbuh sejak Pakistan diukir dari daerah mayoritas Muslim dari India pada tahun 1947, sebuah partisi kekerasan di mana ratusan ribu tewas.

Kashmir, yang diklaim oleh India dan Pakistan, telah lama menarik pejuang mujahidin asing maupun militan separatis dalam negeri. Pada bulan Juni, Al-Qaeda merilis video mendesak radikal muda di Kashmir untuk menarik inspirasi dari militan di Suriah dan Irak dan bergabung dengan "jihad global."

Sumber-sumber intelijen di India-Kashmir sejauh ini tidak terdeteksi jejak Al-Qaeda di wilayah Himalaya yang berbatasan dengan Pakistan dan China.

Munculnya ISIS bendera di aksi protes baru-baru ini di Kashmir adalah karya seorang individu dan tidak menunjuk pada satu keterlibatan kelompok di sana, satu kata.

India telah mengalami beberapa serangan besar-besaran oleh militan Islam, yang terbaru adalah 2008 Mumbai mengamuk oleh pejuang Pakistan yang menewaskan 166 orang.

Kelompok militan domestik yang lebih kecil secara teratur meledakkan bom kecil, tapi sejauh ini gagal untuk meluncurkan serangan besar. Awal tahun ini, badan-badan intelijen India mengatakan beberapa pria India telah bergabung militansi di Levant, antara kasus pertama yang diketahui India bergabung jihad asing.

Kelompok nasionalis Hindu bersimpati kepada Modi yang telah meredakan ketegangan sektarian dalam beberapa pekan terakhir, mengklaim ada konspirasi Islam untuk merayu perempuan Hindu dan mengkonversikannya ke Islam.

Di salah satu sekolah Islam yang paling berpengaruh di dunia, Darul Uloom Deoband, di India utara, seorang pejabat mengatakan bahwa kelompok-kelompok ekstremis rutin mencoba untuk merekrut anak-anak muda Muslim, tidak berpendidikan dan miskin sebagai militan.

"Kami menginformasikan siswa kami tentang bahaya yang dihadapi oleh Islam, dan meningkatnya militansi adalah salah satu mata pelajaran utama dalam seminari," kata Ashraf Usmani dari seminari, yang dikenal untuk berpikir Muslim konservatif.

"Saya dapat mengatakan ini dengan keyakinan bahwa tidak ada siswa dari Deoband dapat direkrut oleh Al-Qaeda atau kelompok teroris lainnya."

0 comments:

Post a Comment