Friday, August 28, 2020

PENGADILAN ISRAEL ATUR PEMINDAHAN RUMAH PEMUKIM DARI TANAH PALESTINA



source : alarabiya.net 28 august 2020

Mahkamah Agung Israel memutuskan pada hari Kamis bahwa sekelompok rumah di pos pemukiman Israel di Tepi Barat yang diduduki dibangun di atas tanah Palestina milik pribadi dan karena itu harus dipindahkan.

Menerima petisi oleh penggugat Palestina, pengadilan tinggi Israel membatalkan putusan Pengadilan Distrik 2018 yang melanggar landasan yudisial dengan mengakui klaim pemukim Mitzpe Kramim atas tanah tersebut, meskipun itu dimiliki oleh orang Palestina.

Pengadilan Distrik telah menyatakan para pemukim sebagai pemilik yang sah, menemukan bahwa otoritas Israel tidak mengetahui bahwa tanah itu milik pribadi ketika mereka awalnya memetakan daerah tersebut.

Keputusan itu didasarkan pada hukum Israel yang menyatakan bahwa transaksi dengan kesalahan hukum dapat menjadi sah jika dilakukan dengan "itikad baik".

Didirikan 20 tahun lalu di puncak bukit yang menghadap ke Lembah Jordan, Mitzpe Kramim adalah rumah bagi sekitar 40 keluarga, yang sebagian besar tinggal di lahan milik Palestina dan mengatakan bahwa mereka menerima persetujuan otoritas Israel untuk mendirikannya di sana.

Namun Mahkamah Agung mengatakan bahwa otoritas Israel tidak bertindak dengan itikad baik dengan "menutup mata terhadap banyak tanda peringatan yang diberikan selama bertahun-tahun," yang menunjukkan bahwa plot tersebut sebenarnya milik orang Palestina.

Menempatkan sebagian besar tanggung jawab atas apa yang disebutnya "hasil yang menyakitkan bagi penduduk Mitzpe Kramim" di negara bagian, pengadilan memberi waktu 36 bulan kepada pihak berwenang untuk mencari perumahan alternatif bagi mereka.

Sebagian besar negara menganggap permukiman yang dibangun di atas tanah yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah 1967 sebagai ilegal.

Israel dan AS membantahnya. Palestina menginginkan Tepi Barat sebagai bagian dari negara masa depan.

Sekitar 450.000 pemukim Israel tinggal di wilayah itu di antara sekitar tiga juta orang Palestina. Rencana Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mencaplok sebagian Tepi Barat dibatalkan bulan ini dalam kesepakatan diplomatik dengan Uni Emirat Arab.

0 comments:

Post a Comment