Sabtu, 05 Januari 2019

Fiqh Syafi'i Matan Abi Syuja Kitab Sholat ( Perbedaan Sholat Laki & Wanita )


Al Umuuru Allatii Tukhoolifu Fiiha Al Mar-atu Ar Rojjula Fii Ash Sholaati

Wa al mar-atu tukhoolifu ar rojula fii khomsati asy-yaa-a : fa ar rojjulu  yujaafii mirfaqayhi 'an janbayhi Wa yuqillu bathnahu 'an fakhidzayhi fii rukuu' wa as sujuudu.  Wa yajharu fii mawdhi'i al jahri wa idzaa naabahu syay-un fii ash sholaati sabbaha, Wa 'awrotu ar rojjuli maa bayna surrotii wa rukbatihi.

Wa al mar-atu tadhummu ba'dhohaa ilaa ba'dhin wa takhfidhu shawtahaa bihadhrotin ar rijjali al ajaanibi, Wa idzaa nabahaa syay-un fii ash shoolaati shoffaqat, Wa jamii'u badani al hurroti 'awrotun illa wajhaha wakaffayhaa, Wa al amatu ka al rojjuli.


 Perkara - Perkara Yang Membedaan Laki-laki dan Wanita Dalam Sholat

Wanita berbeda dengan laki-laki dalam lima hal : Laki - laki merenggangkan kedua sikut dari kedua lambung nya, Mengangkat kedua perut nya dari kedua pahanya saat ruku dan sujud, Mengeraskan suaranya pada tempatnya, Apabila terjadi sesuatu dalam shalat ( yg butuh pemberitahuan ) maka membaca tasbih, Dan aurat laki-laki adalah antara pusar dan lututnya.

Dan wanita menempelkan bagian anggota tubuhnya dengan bagian tubuh yang lain, Melemahkan suaranya dihadapan orang laki-laki yang bukan mahromnya, Dan jika terjadi sesuatu dalam sholat maka bertepuk, Dan aurat wanita yang merdeka adalah seluruh badannya terkecuali wajah dan kedua telapak tangan sedangkan aurat wanita budak adalah sama seperti laki-laki.


Perbedaan Sholat Laki dan Wanita

Laki - Laki 
  1.  Merenggangkan kedua sikut dari kedua lambung nya
  2.  Mengangkat kedua perut nya dari kedua pahanya saat ruku dan sujud
  3.  Mengeraskan suaranya pada tempatnya
  4.  Apabila terjadi sesuatu dalam shalat ( yg butuh pemberitahuan ) maka membaca tasbih
  5.  Dan aurat laki-laki adalah antara pusar dan lututnya.
Wanita
  1.  Menempelkan bagian anggota tubuhnya dengan bagian tubuh yang lain
  2.  Melemahkan suaranya dihadapan orang laki-laki yang bukan mahromnya
  3.  Jika terjadi sesuatu dalam sholat ( butuh pemberitahuan ) maka bertepuk
  4.  Dan aurat wanita yang merdeka adalah seluruh badannya terkecuali wajah dan kedua telapak tangan sedangkan aurat wanita budak adalah sama seperti laki-laki.
 

0 komentar:

Posting Komentar