Selasa, 02 September 2014

AL QAIDA DI YAMAN MENGEKSEKUSI 3 MATA - MATA


Yaman, alarabiya.net

Militan Al-Qaeda di Yaman mengeksekusi tiga orang lokal di provinsi Hadramaut timur pada hari Senin yang mereka curigai membantu serangan pesawat tak berawak AS, sumber-sumber keamanan kepada Reuters.

Dalam pernyataan yang diposting online, al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) mengakui ancaman yang dihadapi dari serangan udara oleh pesawat tak berawak AS.

AQAP mengatakan telah menangkap sekelompok mata-mata, menambahkan: ". Terbesar bantuan yang mereka berikan kepada tentara salib melawan pejuang suci adalah menempatkan pelacak untuk pesawat mata-mata Amerika"

AQAP dianggap oleh Washington sebagai salah satu waralaba yang paling berbahaya dari kelompok militan global dan mengendalikan Yaman, di mana keamanan telah memburuk parah sejak protes semi Arab yang menggulingkan presiden veteran pada tahun 2011.

Kelompok ini telah dipasang puluhan serangan terhadap pejabat pemerintah, pasukan keamanan dan orang asing dalam beberapa bulan terakhir, sebagai tanggapan atas serangan pemerintah pada benteng-benteng tersebut. Bulan lalu itu diculik dan menewaskan 14 tentara Yaman di Hadramout.

Analis percaya badan-badan intelijen Inggris, Arab dan Amerika telah beberapa kali menyusup AQAP, takut kemampuannya untuk melakukan serangan di luar negeri, dan pada tahun 2012 berhasil menggagalkan apa yang Washington katakan sebagai plot oleh Al Qaeda untuk meletakkan bom di sebuah pesawat menuju negara barat tersebut.

Serangan pesawat tak berawak telah membuat marah warga Yaman, namun, karena pesawat tanpa awak ini telah membunuh warga sipil.

0 komentar:

Posting Komentar