Selasa, 02 September 2014

BIAYA PERANG ISRAEL DENGAN PALESTINA MENCAPAI 2,5 MILYAR DOLLAR AMERIKA


Jerusalem, alarabiya.net

Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengatakan pada hari Selasa bahwa biaya langsung dari serangan militer 50 hari di Jalur Gaza lebih dari $ 2,5 milyar .

"Pengeluaran pada Operasi Pelindung Ujung - pengeluaran militer, belanja langsung - lebih dari sembilan miliar shekel," kata Yaalon dalam konferensi ekonomi di Tel Aviv.

"Kami menyerang lebih dari 6.000 sasaran, lebih dari 5.000 dari mereka oleh angkatan udara, sekitar 900 dari darat dan laut," katanya mengacu pada tangki, artileri dan api angkatan laut.

Tapi, meskipun berdebar, dia mengakui bahwa militan Gaza terhadap siapa kampanye diluncurkan pada tanggal 8 Juli masih memiliki arsenal kiri yang cukup besar.

"Organisasi teror di Jalur Gaza - Hamas Jihad Islam dan lain-lain - memiliki 10.000 putaran pada awal Operasi Pelindung Edge," kata Yaalon.

"Hari ini mereka memiliki sekitar seperlima dari itu tapi itu masih 2.000 putaran," katanya, seraya menambahkan bahwa setiap intersepsi roket masuk dengan Iron Dome sistem pertahanan rudal Israel biaya $ 100.000.

"Dari sudut pandang ekonomi itu layak, ditimbang terhadap potensi kerusakan" dari serangan roket, katanya. "Tapi itu masih $ 100,00 untuk setiap intersepsi."

Militer mengatakan bahwa Iron Dome menjatuhkan 600 roket selama kampanye.

Pemerintah pada hari Minggu menyetujui pemotongan anggaran gagah untuk membantu membayar untuk kampanye di Gaza.

Menteri memilih untuk memotong dua persen dari anggaran 2014 dari setiap departemen pemerintah - selain pertahanan - untuk meningkatkan sekitar dua miliar shekel.

Lebih dari 2.100 warga Palestina tewas dalam pemboman Israel atas wilayah pantai sempit, hampir 70 persen dari mereka warga sipil, menurut PBB.

Enam puluh enam tentara Israel tewas, serta enam warga sipil di pihak Israel, termasuk seorang pekerja Thailand dan seorang anak empat tahun.

Perang berakhir dengan gencatan senjata terbuka Selasa lalu dan sisi yang seharusnya untuk memulai negosiasi yang ditengahi Mesir pada gencatan senjata jangka panjang, tapi tanggal belum diumumkan.

0 komentar:

Posting Komentar